Selasa, 17 Mei 2011

Keuntungan dan Kerugian Dengan Adanya Hak Cipta dan Hak Paten

Semua yang di buat pasti ada manfaatnya pasti juga ada yang tidak enaknya.Seperti dengan adanya peraturan tentang Hak Cipta dan Hak Paten pasti juga memiliki dampak positif dan kerugian yang di rasakan si pemilik dari suatu barang tersebut.
Sebenarnya Kerugian yang di maksud bukanlah murni dampak negatif yang ditimbulkan,dibalik kerugian tersebut sebenarnya juga ada maksud lain yang akan menguntungkan bukan hanya kita saja tetapi keuntungan untuk orang banyak dan yang pasti keuntungan bagi Negara yang memberlakukan peratuhan pembuatan hak cipta dan hak paten.
yang sudah pasti keuntungan yang dapat langsung di rasakan bagi pengguna atau pemilik hak cipta dan hak paten ialah,barang-barang yang mereka daftarkan aman dari pelaku-pelaku yang ingin ikut mengambil keuntungan secara illegal dengan meniru ataupun tindakan tidak baik lainnya.
Si pemilik haki ini akan dilindungi secara hukum jikalau ada oknum-oknum nakal yang usil.Untuk memiliki Hak Kekayaan Intelektual ini si pemohon harus menjalankan prosedur-prosedur yang cukup rumit dan lumayan memakan waktu yang banyak,tentunya ini dilakukan karena agar tidak ada produk-produk plagiat yang di daftarkan ke Departemen sehingga akan menimbulkan kerugian untuk pihak lain.
Selain itu Harga untuk mendaftarkan Hak cipta dan Hak paten juga tidaklah murah,dan lamanya perlindungan juga tidaklah lama contohnya seperti Hak Paten yang lama perlindungannya hanyalah 20 tahun untuk paten biasa dan 10 tahun untuk paten sederhana.
nah Dari harga yang lumayan mahal dan lagi pemilik harus mengurusnya secara berkala jika ingin baranganya masih terdaftar di departemen perlindungan Hak dan Kekayaan Intelektual itu meruakan hal yang menyulitkan bagi yang ingin barangnya terlindungi dari hal-hal yang tidak di inginkan.
Tapi di balik itu semua ada keuntungan juga yang di rasakan bagi negara seperti, Paten membantu menggalakkan perkembangan teknologi dan ekonomi suatu negara, Paten membantu menciptakan suasana yang kondusif bagi tumbhnya industri-industri local, Paten membantu perkembangan teknologi dan ekonomi negara lain denan fasilitas lisensi, Paten membantu tercapainya alih teknologi dari negara maju ke negara berkembang.

1 komentar: