Sabtu, 02 April 2011

Wikileaks??

Saya mendapatkan tugas oleh dosen web science untuk menuliskan apa itu wikileaks dan menuliskan sisi positif dan negatif dengan adanya wikileaks..
Awalnya saya bingung apaan sih itu wikileak?? Kok hboh banget dari mulai di media cetak sampai elektronik sibuk membahas tentang ini.(telat banget sih w,hhahahaha)
Setelah saya meng-google ria mencari apa itu wikileaks saya mengetahui bahwa wikileaks itu adalah sebuah situs di mana yang menghiasinya adalah para hacker yang tangguh sehingga bisa membobol sistem keamanan negara dan mengetahui rahasia sebuah egara yang seharusnya bikan makanan publik hal layak.

Bayangkan saja, wikileaks mampu membuka 250 ribu dokumen kawat diplomatik rahasia milik Kemenlu Usa akhir November lalu. Pembeberan  dokumen rahasia membuat pemerintah USA kebakaran jenggot. Pihak berwenang akhirnya menangkap pendiri Wikileaks Julian Paul Assange.
Ternyata bukan kali ini saja Wikileaks beraksi, sebelumnya Wikileaks juga pernah mengungkap 400 ribu dokumen rahasia mengenai rahasia perang Irak.
menurut saya sih wikileaks ini mempunyai sisi positif yaitu masyarakat bisa mengetahui seberapa bobroknya sebuah negara dengan sisi-sisi kejelekan negara tersebut yang di sembunyika,agar pemimpin kejahatan itu tetap bisa melenggak bebas.memberikan bukti mana yang benar dan salah seperti pada kasus Surat Elektronik Unit Penelitian Iklim,Lebih dari 1.000 surat elektronik dikirim dalam 10 tahun oleh staf di Unit Penelitian Iklim dari University of East Anglia dipublikasikan WikiLeaks setelah diakses seorang peretas. Surat elektronik tersebut menunjukkan para ilmuwan terlibat dalam rekayasa untuk mendukung argumen bahwa pemanasan global adalah nyata dan buatan manusia. Laporan tersebut dinilai sebagai skandal ilmiah terburuk dalam generasi tersebut. Akibat kasus tersebut, Kepala CRU Profesor Phil Jones mundur. Namun, karena penelitian menyebutkan Jones tidak terkait kasus itu, Jones akhirnya diangkat lagi.hal ini membuktikan bahwa wikileaks secara tidak langsung telah memberikan bukti bahwa Jhones tidak bersalah.

pelajaran yang bisa diambil dari kasus bocoran Wikileaks  ini adalah agar setiap pemimpin dalam lembaga apa pun-khususnya dalam posisi-posisi puncak untuk berhati-hati dalam setiap kebijakan dan langkahnya; memastikan agar setiap langkahnya tidak menimbulkan spekulasi dan rumor di kalangan masyarakat. Kini kebijakan dan langkah seolah tidak lagi bisa terlindungi, dan tersembunyi rapat dalam dokumen rahasia pihak tertentu. Jika dokumen diplomatik rahasia AS yang konon begitu ketat pengamanannya bisa bocor ke Wikileaks, apalagi kira-kira yang bisa disebut rahasia di jagat raya ini? Kasus Wikileaks sekali lagi menunjukkan, kemajuan teknologi komunikasi instan selain membawa berkah kemudahan bagi umat manusia untuk berjaringan sosial satu sama lain, juga menimbulkan banyak dampak negatif,misalnya bisa saja setelah keluarnya fakta atau rumor yang beredar mengakibatkan peperangan,tidak hanya perang secara kontak fisik,bisa saja akan menimbulkan perang cyber. Yang terakhir ini adalah pengungkapan informasi rahasia-terlepas apakah itu rumor atau tidak-yang bisa mengguncangkan jagat politik di negara tertentu, termasuk di Indonesia. Di sinilah sekali lagi setiap orang, khususnya para pejabat, agar berpikir ulang sebelum melakukan sesuatu yang dapat saja menimbulkan rumor dan gunjingan yang kemudian menjadi 'berita besar' oleh media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar